Minggu, 15 April 2012

novel,roman,novelet

TUGAS 2

1.      NOVEL
Novel ialah suatu cerita dengan alur panjang mengisi satu buku atau lebih, yang mengarang kehidupan manusia, yang bersifat imajinatif, menceritakan kehidupan manusia hingga terjadinya konflik yang dapat menyebabkan perubahan nasib bagi para pelakunya. Dalam novel terjadi konflik batin, perwatakan digambarkan secara detail, memiliki alur lebih rumit, latar lebih luas dan waktunya lebih lama, lebih panjang karangannya daripada cerpen dan unsur-unsur cerita dalam novel lebih kompleks dan beragam.
2.      CERPEN
Sebuah cerpen pada dasarnya menuntut adanya perwatakan yang jelas. Tokoh merupakan pusat sorotan dalam cerita. Unsur penokohan dalam cerpen terasa lebih dominan, dari pada unsur yang lain. Dalam cerpen perwatakan digambarkan secara singkat, konflik tidak harus terjadi, memiliki latar hanya sebentar dan terbatas serta akhir ceritanya sederhana.
3.      ROMAN
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia roman merupakan karangan prosa yang melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing. Roman memiliki alur yang kompleks, memiliki konflik yang mengubah nasib tokoh secara tragis dan menceritakan kehidupan tokoh dari awal hingga akhir secara mendetail.
4.      CERBER
Cerber juga dikatakan cerita bersambung. Menurut Prabowo cerber merupakan salah satu bentuk karya sastra yang berbentuk narasi fiktif yang  biasanya ditulis di Majalah atau dalam media yang lain dan adapun ceritanya dipotong-potong sehingga para pembaca bisa terus menbaca ceritanya sampai akhir.
5.      NOVELET
Novelet yaitu novel pendek. Novelet memiliki cakupan yang lebih luas, baik dalam plot, tema, dan unsur-unsur yang lain. Novelet menurutAngga (1999:23) adalah cerita berbentuk prosa yang panjangnya antara novel dan cerita pendek. Bentuk novelet juga sering disebut sebagai cerita pendek yang panjang saja


SUMBER
·         Kamus Besar Bahasa Indonesia
·         http://go-blogmedia.blogspot.com/2009/09/perbedaan-roman-novel-dan-cerpen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar