Minggu, 15 April 2012

puisi


Definisi puisi dari beberapa ahli.
1.    Puisi menurut Samuel Johnson
  Puisi adalah seni penyatuan kesenangan dengan kebenaran melalui sentuhan imajinasi yang bernalar.

2.    Puisi menurut Samuel Taylor Coleridge
“ puisi adalah rangkaian kata terbaik dalam tata urut nan indah. “

3.    Puisi menurut Percy Bysshe Shelley
  puisi adalah pengabdian saat-saat yang terbaik dan terbahagia dari sanubari nan bahagia dan indah.

4.    Puisi menurut Thomas Carlyle
“ pikiran yang musical.”
Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa puisi adalah karya sastra yang merupakan ekspresi konkret dan bersifat artistic yang berasal dari kehidupan manusia.

5.    Puisi menurut Matthew Arnold
“ puisi adalah di lembah kritik kehidupan”

6.    Puisi menurut Emily Dickinson
“ puisi adalah jika saya membaca sebuah buku dan buku itu membuat saya sedemikian menggigil sehingga tiada api yang mampu menghangatkannya saya segera mengetahui bahwa yang saya baca  adalah puisi. Ketika saya merasa secara pisik bahwa ubun-ubun saya dicomot, saya tahu itulah puisi. Adalah sesuatu yang lain seperti itu?


7.    Puisi menurut Wallace Stevens
“ puisi adalah kenikmatan dalam kata dengan sarana kata-kata.

8.    Puisi menurut W.H. Auden
“ puisi adalah ekspresi yang bening dari perasaan yang berbaur.
Dari beberapa definisi puisi para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa puisi adalah sebuah ungkapan jiwa yang tercipta dengan ekspresi diri dan dituangkan dalam bentuk kata-kata yang mampu memberikakan suatu perasaan yang berbeda saat menghayati puisi tersebut.


Sumber
Gani, Rizanur. 1988. Respons dan Analisis. Padang: Dian Dinamika Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar